Pesona Pantai Dato Majene

Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampau itulah pribahasa yang cocok buat kami. Satu kali melakukan pekerjaan mendapat beberapa keuntungan. Dapat job photobooth lintas provinsi, yakni Sulawesi Barat tepatnya di Majene tidak melewatkan kesempatan untuk menikmati keindahan wisata pasir putih pantai di Pantai Dato Majene. Pantai Dato Majene adalah salah satu obyek wisata pantai tropis di wilayah Sulawesi Barat dan juga wisata ini telah menjadi salah satu wisata andalan di Dusun Pangale Kelurahan Baurung Kecamatan Banggae Timur.

Pemandangan indah Pantai Dato yang berada dibawah seolah-olah memanggil untuk segera turun. Tapi hati-hati, kita harus menuruni tangga yang lumayan tinggi untuk sampai ke pantai. Pantai Dato Majene terbagi 2 bagian yaitu pantai yang berpasir putih dan pantai beralaskan karang. Di sebelah kanan tampak pasir putih dengan beberapa formasi batu karang, disebelah kiri tampak kombinasi pasir dengan karang-karang kecil dan halus. Karang yang menjorok kelaut atau karang yang berlubang karena hantaman ombak menambah keunikan dan keindahan Pantai Dato. Selain itu, di pantai ini juga terdapat batu karang berukuran besar yang terhubung dengan tangga, para pengunjung sering menaiki bukit karang pantai ini, Meniti pinggiran tebing menuju puncak karang dengan ketinggian mencapai 20 meter dari permukaan air laut.

Lautnya yang biru dan jernih sehingga terlihat di dasar ikan-ikan yang sedang berenang seolah mengundang kita untuk berenang. Lautnya pun cukup dangkal sehingga aman untuk berenang, namun jangan sampai terlena terlalu jauh ke tempat yang dalam.Disana disediakan alat untuk snorkling dengan harga 35.000/set.

Untuk mengunjungi kawasan pantai ini, anda dapat menempuhnya dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun memanfaatkan jasa penyewaan biro wisata. Jika melalui jalan darat dari Makassar yang ditempuh dalam waktu 6 sampai 8 jam dengan tarif kendaraan umum Rp100-120 rb. Jalur lain bisa menggunakan pesawat udara Makassar-Mamuju lalu melanjutkan perjalanan darat kurang lebih 3 jam ke Majene dengan tarif kendaraan umum Rp.60.000. Untuk sampai ke lokasi ini, kamu dapat menempuhnya dengan kendaraan pribadi atau sewaan selama sekitar 15 menit dengan jarak tempuh 7 kilometer dari Kota Majene.

Anda dapat juga mensketsa wajah anda sebagai kenang – kenangan dipantai dato, cuma Rp.50.000 untuk sketsa hitam putih dan berwarna Rp.100.000

Kebersihan pantai dato sangat terjaga karena para Komunitas Pecinta Lingkungan Hidup yang terdiri dari mahasiswa, anak mapala, dan kalangan yang peduli dengan Pantai Dato tersebut turut menjaga kebersihan pantai ini. Salut loh sama mereka.

Tunggu apa lagi traveler mari ke Pantai Dato, jangan lupa berpose nusantara #posenusantara ala mfoins.

Lihat keseruan kami di Pantai Dato.

 

Leave a comment